Panen Perdana Semangka Merah dan Semangka Kuning di Demplot Ketahanan Pangan Holtikultura/Kebun Melenial Park Kodim 0406/Lubuklinggau

Berita313 Dilihat

Lensa Garuda Lubuklinggau
Panen Perdana Semangka dan Semangka Kuning di Demplot Ketahanan Pangan Holtikultura/Kebun Melenial Park Kodim 0406/Lubuklinggau Kel Prumnas Rahma kec Lubuklinggau Selatan 1,Selasa (25/01/2022).

Kota Lubuklinggau adalah Suatu Kota Setingkat Kabupaten Paling barat Wilayah Provinsi Sumatra Selatan,Indonesia kota Lubuklinggau terletak posisi antara 102°40’0°-103°0’0°bujur timur dan 3°4’10°-3°22’30° Lintang Selatan yang memiliki udara sangat dingin karena letaknya yang cukup tinggi dikisaran 1.188 meter DPL. Dengan keadaan cuaca yang dingin tentunya akan sulit membudidayakan buah-buahan dengan jenis seperti semangka Merah dan Semangka Kuning karena buah-buahan ini umumnya tumbuh baik pada daerah dataran rendah.

Namun ditangan anggota Kodim 0406/Lubuklinggau Sertu Adi Santoso dan atas dasar inisiatif Dandim 0406/Lubuklinggau Letkol Inf Erwinsyah Taupan S.H.M.Si terbentanglah sebuah lahan Demplot Ketahanan Pangan Holtikultura di lahan seluas kurang lebih 2 Hektar.

Selain jenis tanaman seperti ,Padi Darat,Keladi Talas, tomat, terong, q pare,  serta jagung di lahan tersebut, Kodim 0406/Lubuklinggau juga mencoba membudidayakan buah semangka Merah dan Semangka Kuning.

Berkat usaha dan kerja keras, akhirnya anggota Kodim 0406/Lubuklinggau memanen buah semangka Merah dan Semangka Kuning perdana di lahan Demplot Percontohan tersebut. Kegiatan panen perdana dihadiri oleh Walikota Lubuklinggau H.SN.Prana Putra Sohe, Dandim 0406/Lubuklinggau Letkol Inf Erwinsyah Taufan SH.Msi, Kajari Kota Lubuklinggau Willy Ade Khaidir, Kapolres Kota Lubuklinggau AKBP Nuryono S.ik,
Perwira Staf Kodim 0406/Lubuklinggau, Kasat pol PP Kota Lubuklinggau Walyusman, Kapolsek Lubuklinggau Selatan I Iptu Hilal,Perwira Staf Kodim dan anggota Kodim 0406/Lubuklinggau serta warga sekitar.

Buah semangka Merah dan Semangka kuning yang ada di Demplot Kodim 0406/Lubuklinggau setelah dipetik dan dipanen, ternyata memiliki rasa yang sangat manis tidak kalah dengan semangka dari daerah dataran rendah.

Dandim 0406/Lubuklinggau di lokasi mengatakan, pihaknya sangat serius memberi perhatian terhadap hortikultura diKota Lubuklinggau.

“Ini berkat kerja keras, saat penggarapan awal memang cukup sulit. Alhamdullilah, usaha kami tidak sia-sia. Hasilnya sudah mulai tampak,” ungkapnya.(Pendim 0406/Lubuklinggau).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *